Monday, May 20, 2013

Penuh Drama, Pedrosa Juara di Le Mans

MotoGP
SportPoin, Paris: Dani Pedrosa akhirnya memenuhi ambisinya untuk menjuarai MotoGP Prancis. Pembalap Repsol Honda itu menjadi yang tercepat di Sirkuit Le Mans. Ini adalah kali pertama Pedrosa meraih gelar juara di Prancis sejak turun di kelas MotoGP dalam delapan balapan.

Posisi kedua ditempati oleh Cal Crutchlow. Ini merupakan podium pertama bagi pembalap dari tim Monster Yamaha Tech 3. Sedangkan peringkat ketiga menjadi milik rekan Pedrosa, Marc Marquez.

Di bawah guyuran hujan, Marc Marquez yang start dari pole position justru tercecer ke urutan delapan begitu balapan di mulai. Pimpinan lomba direbut pembalap Ducati Andrea Dovizioso, diikuti Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Di lap keempat, pertarungan sengit terjadi antara Dovizioso, Pedrosa, dan Lorenzo. Menyusul di belakangnya Valentino Rossi dan Stephan Bradle.

Pedrosa mengambil alih pimpinan lomba dari Dovizioso di lap keempat. Tempat ketiga dan keempat diisi oleh Lorenzo dan Rossi. Di lap kedelapan, balapan ketat terjadi antara Pedrosa dan Doviziozo. Kedua pembalap saling salip menyalip dan Dovizioso akhirnya kembali merebut posisi terdepan. Selain itu, Rossi, Crutchlow, serta Nicky Hayden juga menyalip Lorenzo.

Posisi Dovizioso di paling depan hanya bertahan satu lap. Karena, Pedrosa kembali merebutnya pada lap ke-10. Sementara Marquez yang tercecer ke posisi delapan mulai mendekati Lorenzo. Dua lap kemudian, Marquez menyalip Lorenzo. Tapi, tak lama berselang posisi tujuh kembali menjadi direbut Lorenzo setelah Marquez terlalu melebar saat belokan.

Sejak lap 16, posisi Pedrosa kian jauh meninggalkan Dovizioso. Sedangkan Rossi justru terjatuh dan posisinya melorot ke peringkat 12. Sementara itu, Marquez perlahan namun pasti terus naik ke posisi empat. Di dua lap terakhir, pembalap muda asal Spanyol tersebut menyalip Dovizioso untuk merebut posisi ketiga. Sedangkan posisi dua ditempai Crutchlow.

Dan akhirnya Pedrosa finis pertama disusul Crutchlow dan Marquez. Dengan juara di Le Mans, Pedrosa kini berada di peringkat pertama klasemen dengan poin 83. Rekannya, Marquez, mengumpulkan poin 77 dan berada di posisi kedua. Sementara Lorenzo yang finis di posisi tujuh berada di peringkat ketiga dengan poin 66.

0 comments:

Post a Comment