Wednesday, August 28, 2013

Dramatis, Tampil 10 Pemain Schalke Tetap Lolos ke Fase Grup

Liga Champions
SportPoin, Salonika: Dramatis. Schalke 04 berhasil melaju ke babak penyisihan grup Liga Champions untuk ketujuh kalinya sepanjang sejarah klub. Di leg kedua fase play-off yang berlangsung di Stadion Toumba, Salonika, Selasa, 27 Agustus 2013, malam waktu setempat atau Rabu (28/8/13) dinihari WIB, Die Knappen, julukan Schalke, membekuk tuan rumah PAOK 3-2 (1-0).


Kemenangan ini begitu membanggakan bagi pelatih Jens Keller. Sebab, dalam 25 menit terakhir, Schalke harus tampil dengan 10 pemain. Dengan hasil ini, Schalke yang di leg pertama yang digelar di kandang sendiri hanya mampu bermain imbang 1-1 berhak lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

Sadar hanya dengan mencetak gol peluang melaju ke fase grup tetap terjaga, sejak awal Schalke tampil agresif. Babak pertama baru berlangsung tiga menit, kiper PAOK Jacobo dipaksa bekerja keras dengan menyelamatkan gawangnya dari sundulan Jermaine Jones. Meski tetap dominan dengan menguasai penguasaan bola hampir 67 persen, Schalke gagal mengkreasi peluang.

Laga kian berlangsung seru di 10 menit terakhir. Diawali dengan peluang PAOK lewat tembakan datar Miroslav Stoch yang memaksa kiper Schalke Timo Hildebrand melakukan save. Schalke membalas lewat sepakan Jefferson Farfan yang ditepis kiper Jacobo. Dua menit jelang jeda, usaha Schalke membuahkan hasil. Umpan dari Atsuto Uchida dimanfaatkan dengan sempurna oleh striker Hungaria Adam Szalai. Skor 0-1 untuk Schalke.

Di awal babak kedua, PAOK bangkit. Setelah umpan Stoch gagal diselesaikan dengan sempurna oleh Giannis Skondras, tuan rumah mampu menyamakan kedudukan 1-1 di menit ke-53 melalui striker Stefanos Athansiadis meneruskan umpan akurat yang disodorkan full-back Stelios Kitsiou. Laga kian sengit.

Di menit ke-64, PAOK mendapat keuntungan ketika Jones diganjar kartu kuning kedua alias kartu merah. Sontak, bandul permainan berubah. Schalke tertekan. PAOK tampil habis-habisan. Namun, justru di menit ke-67, Schalke yang mencetak gol tambahan lewat akselerasi Julian Draxler yang menerima umpan dari pemain pengganti Max Meyer. Skor 1-2 untuk Schalke.

PAOK tak patah semangat. Anak-anak asuhan Hubb Stevens yang notabene mantan pelatih Schalke, meningkatkan tempo permainan. Setelah peluang Lucas gagal membuahkan hasil, di menit ke-79, PAOK berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Berawal dari tendangan bebas Stoch, gelandang Kostas Katsouranis menyambutnya dengan sundulan ke belakang yang menghujam gawang Hildebrand.

Dengan agregat 3-3, PAOK tetap kalah produktivitas gol di kandang lawan. Karenanya, serangan terus dilakukan. Dua menit berlalu, Stoch membuang peluang emas ketika dalam posisi yang cukup bebas tembakannya justru melebar. Schalke memasukkan bek Kamerun Joel Matip guna memperkuat lini pertahanan. Lewat serangan balik, di menit akhir waktu normal, Schalke memastikan kemenangan lewat gol Szalai yang menerima umpan dari Draxler. Skor 3-2 bertahan sampai peluit akhir dibunyikan.
Susunan Pemain:

PAOK (4-4-2):
Jacobo(GK); Skondras, Miguel Vitor, Katsouranis, Kitsou (KK); Tziolis, Kace, Stoch, Lucas (Georgadis); Salpingidis (Oliseh), Athanasiadis (Necid).

Schalke (4-2-3-1):
Hildebrand(GK); Uchida, Howedes, Felipe Santana (KK), Fuchs; Hoger, Jones (KK, KM); Farfan (Matip), Draxler, Clemens (Meyer, Neustadter); Szalai.

Wasit: Bjorn Kuipers

0 comments:

Post a Comment