Sunday, October 6, 2013

Leverkusen Sendat Laju Muenchen

Bundesliga
SportPoin, Leverkusen: Untuk kali pertama di musim ini Bayern Muenchen menempati puncak klasemen Bundesliga. Kepastian ini didapat setelah sang juara bertahan dipaksa bermain imbang 1-1 langsung oleh tuan rumah Bayer Leverkusen dalam lanjutan kompetisi di pekan kedelapan yang berlangsung di BayArena, Sabtu, 5 Oktober 2013, sore waktu setempat.


Meski hanya meraup satu poin dari laga tandang keempatnya di musim ini, Muenchen, dengan perolehan 20 poin, tetap berhak menggeser posisi Borussia Dortmund dari singgasana klasemen menyusul kekalahan 0-2 yang dialami pasukan Jurgen Klopp saat menyambangi Borussia Muenchengladbach beberapa jam sebelumnya. Hasil seri ini pun membuat jumlah poin Leverkusen menyamai jumlah poin Die Borussen.

Sejatinya, hasil 1-1 ini tidak adil bagi Muenchen yang begitu dominan dan mutlak menguasai jalannya pertandingan sejak kick-off dibunyikan wasit Knut Kirchen. Dalam interval dua menit Muenchen layak mendapatkan gol. Pertama, di menit ke-10 ketika tendangan Xherdan Shaqiri dalam posisi yang sangat bebas justru melebar. Kedua, saat kiper Bernd Leno membuat save gemilang di garis gawang.

Tekanan bertubi-tubi yang dilakukan Muenchen akhirnya membuahkan hasil di menit ke-30. Gol ini bermula dari aksi Franck Ribery yang mengobrak-abrik sektor sayap kanan pertahanan Leverkusen. Umpan tariknya disambar Toni Kroos yang melontarkan tendangan terarah ke pojok kanan gawang. Kiper Leno hanya diam terpaku. Skor 0-1 untuk Muenchen.

Namun, hanya berselang satu menit kemudian tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol ini dicetak Sidney Sam yang berdiri bebas memanfaatkan bola muntah hasil tepisan kiper Manuel Neuer terhadap tendangan keras kapten Leverkusen Simon Rolfes. Di menit ke-35, Bayern pantas mendapatkan gol kedua. Namun, peluang 99 persen gol yang didapat Thomas Mueller terbuang percuma. Dalam posisi sangat bebas dan dalam kondisi gawang Leverkusen telah kosong melompong, sundulan Mueller meneruskan umpan Ribery justru melambung tipis di atas mistar.

Di babak kedua, Muenchen kian giat menekan pertahanan tuan rumah, sementara Leverkusen mengintip melakukan serangan balik. Di menit ke-54, tendangan Ribery lagi-lagi dihalau bek Leverkusen Donati di garis gawang. Empat menit berlalu, sepakan first-time Ribery masih dapat diantisipasi kiper Leno. 

Gencarnya serangan Muenchen membuat laga boleh dibilang berlangsung setengah lapangan. Dua peluang tim asuhan Pep Guardiola melalui tembakan Shaqiri dan sundulan Muller tak kunjung berbuah gol. Guardiola mencoba mengubah formasi dengan memasukkan Arjen Robben. Gempuran Muenchen kian menjadi-jadi.

Dalam 10 menit terakhir, Leverkusen praktis bertahan. Guardiola memainkan Mario Mandzukic dan Mario Gotze. Namun, sampai peluit akhir dibunyikan, skor tetap 0-0 menyusul dua peluang emas Muenchen di injury time yang didapat Gotze masih dapat diantisipasi kiper Leno dan sundulan Schweinsteger dihalau bek Donati di garis gawang.

Susunan Pemain:
Leverkusen (4-3-3):
Bernd Leno; Sebastian Boenisch (KK); Emir Spahic, Omer Toprak, Giulio Donati; Simon Rolfes, Stefan Reinartz, Lars Bender; Emre Can (Heung-Min Son), Stefan Kiessling (Jens Hegeler), Sidney Sam (Robbie Kruse).

Bayern (4-1-4-1):
Manuel Neuer; David Alaba, Dante, Jerome Boateng (KK), Rafinha; Philipp Lahm; Franck Ribery, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos (Mario Gotze), Xherdan Shaqiri (Arjen Robben); Thomas Muller (Mario Mandzukic).

Wasit: Knut Kircher

0 comments:

Post a Comment