Sunday, October 27, 2013

Neymar Cetak Gol, Barca Jinakkan Madrid

El Clasico
SportPoin, Barcelona: Barcelona memperkokoh posisinya di puncak klasemen La Liga setelah pada pekan ke-10 meraih kemenangan penting di laga El Clasico melawan musuh bebuyutannya Real Madrid. Gol dari Neymar dan Alexis Sanchez membawa Los Azulgranas menang 2-1, Sabtu (26/10/2013).

Dengan kemenangan ini Barca mengemas 28 angka. Mereka unggul empat poin dari peringkat dua Atletico Madrid yang di pekan ini belum turun bertanding. Madrid sendiri terpaku di posisi tiga klasemen sementara La Liga dengan 22 poin.

Pada laga ini pelatih Madrid Carlo Ancelotti bereksperimen dengan menempatkan Cristiano Ronaldo sebagai penyerang tengah dengan disokong Gareth Bale dan Angel Di Maria. Namun taktik ini tidak berjalan baik. Ronaldo tampil kurang menggigit dan tak mampu mencetak gol.

Barca berhasil unggul 1-0 sampai turun minum. Gol pembuka Barca dicetak Neymar yang meneruskan umpan terobosan dari Andres Iniesta saat laga berjalan 19 menit.

Tertinggal satu gol memaksa Madrid untuk meningkatkan intensitas serangannya di babak kedua. Ancelotti memasukkan memasukkan Karim Benzema dan Jese Rodriguez. Serangan Madrid jauh lebih hidup di babak kedua.

Neymar nyaris menggandakan keunggulan Barca di awal babak kedua. Sayangnya tendangan setengah voli eks pemain Santos itu kali ini bisa digagalkan oleh kiper Madrid Diego Lopez.

Laga memasuki menit 57, fans Barca yang memadati Nou Camp dibuat harap-harap cemas. Umpan terobosan Luka Modric membuat Ronaldo lepas dari kawalan pertahanan Barca. Beruntung bagi Barca, Victor Valdes dengan gemilang mampu memblok sepakan keras Ronaldo.

Keberuntungan tampak sedang menjauhi Madrid. Tendangan keras Benzema dari luar kotak penalti pada menit 71 masih membentur tiang gawang. Bola rebound juga gagal disambar gelandang Sami Khedira.

Asyik menyerang, pertahanan Madrid lengah. Pemain pengganti Alexis Sanchez bisa menggandakan keunggulan Barca di menit 70. Mendapat umpan jauh, Alexis yang berhadapan dengan Pepe dengan dingin mencungkil bola dari luar kotak penalti sehingga memperdaya Lopez.

Tiga menit berselang, Barca harusnya bisa memperbesar keunggulan. Dani Alves melewati hadangan Ronaldo dan berhadapan dengan Lopez. Akan tetapi, tembakan Alves masih bisa dihadang Lopez dengan kakinya.

Madrid memperkecil kedudukan pada menit 89. Ronaldo yang melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan Barca dengan jeli memberikan umpan terobosan kepada Jese. Pemain muda Madrid itu kemudian menaklukan Valdes dengan tendangan mendatar. Namun waktu yang tersedia sudah terlalu sedikit sehingga Madrid harus mengakui keunggulan Barca 2-1.

Susunan Pemain:
Barcelona: Valdes, Pique, Mascherano, Adriano, Alves, Busquets, Fabregas (Alexis 70'), Xavi, Messi, Neymar (Pedro 84'), Iniesta (Song 77')

Real Madrid: Diego Lopez, Carvajal, Marcelo, Varane, Ramos (Illarramendi 56'), Pepe, Khedira, Modric, Bale (Benzema 61'), Di Maria (Jese 76'), Ronaldo

0 comments:

Post a Comment