Tuesday, June 19, 2012

Bungkam Irlandia, Italia Melaju

Penyisihan Grup C Euro 2012
SportPoin, Poznan: Italia yang awalnya kurang percaya diri untuk dapat lolos ke babak perempat final, akhirnya dapat tersenyum lebar, setelah mencukur Irlandia dengan skor 2-0 (1-0) dalam laga terakhir penyisihan Grup C Euro 2012 yang berlangsung di Stadion Municipal Stadium, Poznan, Senin (18/6) malam waktu setempat, atau Selasa (19/6) dinihari WIB. Dengan kemenangan tersebut Italia mengumpulkan 5 poin dan menduduki peringkat kedua klasemen grup dengan jumlah 5 poin. Posisi juara grup diduduki Spanyol dengan 7 angka setelah pada saat yang bersamaan mengubur mimpi Kroasia 1-0 (0-0).

Di babak pertama Italia yang harus meraih kemenangan untuk bisa lolos ke babak perempat final langsung bermain agresif dan bermain menyerang. Di menit ke-3, Antonio Di Natale yang menerima umpan dari Daniele De Rossi hampir membobol gawang Irlandia yang dijaga oleh Shay Given, kalau saja tendangannya tidak melebar. Di sisi lain, Robbie Keane dkk yang telah dipastikan tersingkir dari turnamen tetap bermain serius. Namun usaha dari The Boys in Green, julukan untuk Timnas Irlandia, selalu dimentahkan pemain bertahan Italia yang dipimpin oleh Andrea Barzagli.

Setelah beberapa kali mengancam gawang Irlandia, Gli Azzurri yang bermain ngotot akhirnya berhasil membongkar pertahanan Irlandia, kala sundulan Antonio Cassano yang memanfaatkan umpan dari tendangan penjuru yang dilesakan oleh Andrea Pirlo berhasil membobol gawang Given pada menit ke-35. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, skuad Italia yang merasa belum aman akan posisinya terus berusaha menekan pertahanan Irlandia. Seperti usaha Italia di menit ke 54, yang kali ini melalui kaki Di Natale, namun sayang tendangannya masih terlalu lemah sehingga bola dengan mudah diamankan Given. Irlandia yang bermain tanpa tekanan apa pun, mencoba untuk memberika perlawanan. Namun, lagi-lagi pertahanan Italia masih terlalu kuat untuk tim asuhan Giovanni Trapattoni.

Akhirnya, pada menit ke-90, Irlandia dipaksa angkat kaki dari Euro tanpa menuai satu poin pun setelah striker kontroversial Mario Balotelli berhasil menambah keunggulan Italia melalui sebuah tendangan salto, memanfaatkan bola muntah dari tendangan bebas yang dieksekusi Alesandro Diamanti. Skor 2-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

1 comment: