Thursday, August 29, 2013

Bangkit, Celtic Pupus Mimpi Shakhter

Liga Champions
Reyoet, Glasgow: Hari yang sempurna bagi para pendukung Celtic yang memenuhi Celtic Park, Glasgow, Rabu, 28 Agustus 2013 malam waktu setempat atau Kamis (29/8/13) dinihari WIB. Fans The Bhoys menjadi saksi kebangkitan pasukan Neil Lennon. Tertinggal 0-2 di leg pertama fase play-off, Celtic bangkit di leg kedua dengan menggulung tamunya Shakhter Karagandy 3-0 (1-0). Alhasil, Celtic lolos ke babak penyisihan grup dengan keunggulan agregat 3-2.


Begitu wasit Norwegia Svein Oddvar Moein meniup peluit tanda kick-off, Celtic langsung menggebrak. Dalam 20 menit tuan rumah mengurung pertahanan Shakhter. Namun, tak ada hasil menyusul gemilangnya penampilan kiper tim tamu Aleksandr Mokin yang mampu memupus tiga peluang emas Celtic lewat sundulan Mikael Lustig di menit kelima, sepakan James Forrest di menit kesembilan, dan heading Anthony Stokes di menit ke-12.

Di sela-sela tekanan tuan rumah, Shakhter sempat membalas di menit ke-24. Berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Gediminas Vicius. Bola disambar Roger Canas. Sayang, bola melambung di atas mistar gawang Fraser Forster. Tak lama kemudian, kiper Shakhter Mokin kembali bekerja keras membendung tembakan bebas Stokes. 

Tekanan Celtic kian deras di lima menit terakhir. Dua kali peluang Celtic terbuang ketika sepakan Stokes melambung dan tendangan James Forrest melebar. Memasuki injury time, Celtic Park bergemuruh ketika tendangan keras kaki kiri Kris Commons mendarat di gawang Mokin. Skor 1-0. Celtic tinggal butuh tambahan satu gol untuk memaksa pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Harapan Lennon akhirnya terwujud. Baru tiga menit babak kedua dimulai, Celtic unggul 2-0 melalui sepakan striker Georgios Samaras. Gol ini bermula dari tendangan Mikael Lustig di sisi kotak penalti. Bola liar disambar Georgios Samaras. Kiper Mokin tak berdaya. Shakhter langsung bereaksi. Semenit berlalu, kiper Celtic Forster dipaksa melakukan save atas tembakan Aleksandar Simcevic. Laga kian seru. Di menit ke-60, Celtic nyaris menambah keunggulan ketika sepakan voli Stokes membentur mistar. 

Dua menit berselang gawang Celtic justru hampir kebobolan. Berawal dari corner, sundulan Nikola Vasiljevic mengarah ke dalam gawang. Di saat yang tepat bek Celtic Matthews menyelamatkan bola di garis gawang. Hanya dalam hitungan detik, gawang Celtic kembali terancam ketika dari lemparan ke dalam sepakan Sergei Khizhnichenko hanya membentur mistar.

Celtic yang sadar betul peluangnya melaju ke fase grup terancam jika Shakhter mampu mencetak satu gol, kembali bangkit. Commons dkk berusaha keras menguasai bola. Sampai pengujung laga tanda-tanda pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu kian mengemuka. Namun, dua menit memasuki injury time, fans Celtic bersorak-sorai ketika tendangan James Forrest di kotak penalti menjebol gawang Mokin. Skor 3-2. 

Susunan Pemain:
Celtic: Forster, Matthews, Mulgrew, Ambrose, Lustig, Commons (Boerrigter), Ledley (KK), Brown (KK), Forrest, Stokes, Samaras.

Shakhter: Mokin, Dzidic, Poryvaev, Vasiljevic, Malyi, Simcevic (KK), Ghazaryan, Vicius (KK), Canas (KK), Finonchenko (Zenkovich, KK), Khizhnichenko.
Wasit: Svein Oddvar Moen

0 comments:

Post a Comment