Wednesday, August 28, 2013

Kalah, Austria Vienna Tetap Ukir Sejarah

Liga Champions
SportPoin, Wina: Sejarah tercipta di Austria Arena. Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Austria Wien atau Vienna melangkahkan kakinya ke babak penyisihan grup Liga Champions. Meskipun di leg kedua babak play-off yang berlangsung di kandang sendiri, Selasa, 27 Agustus 2013 malam waktu setempat atau Rabu (28/8/13) dinihari WIB, The Violets menderita kekalahan 2-3 (1-2) dari tamunya Dinamo Zagreb, tim asuhan Nenad Bjelica tetap lolos berkat keunggulan agregat 4-3 menyusul kemenangan 2-0 di leg pertama yang digelar di kandang Zagreb pekan lalu.


Awalnya, di depan pendukungnya yang memadati Arena, Austria Vienna tampaknya akan dengan mudah memenangkan pertandingan ketika di menit kelima unggul 1-0 melalui sundulan gelandang Florian Mader yang membentur kepala bek Zagreb Josip Simunic. Tertinggal membuat Dinamo bangkit. Sampai menit ke-30, tim tamu unggul telak dalam penguasaan bola, 64 persen berbanding 36 persen. 

Tiga menit kemudian, usaha Dinamo membuahkan hasil ketika usai mengelabui kawalan kapten Vienna Manuel Orlechner, Marcelo Brosovic menjebol gawang Heinz Lindner. Skor 1-1. Peluang Dinamo mulai terbuka. Semangat tim asuhan Zoran Mamic kian menggebu-gebu ketika 10 menit kemudian striker yang dipinjam dari Bayer Leverkusen, Junior Fernandes membuat Dinamo berbalik unggul 1-2. 

Di babak kedua, Dinamo tetap tampil dominan. Berulang kali Fernandes mendapat peluang namun gagal menghasilkan gol. Tekanan tim tamu membuahkan hasil di menit ke-70. Bermula dari pergerakan Ivo Pinto di sektor sayap. Umpan lambungnya dimanfaatkan dengan sempurna oleh Fatos Beciraj. Skor 1-3 untuk Dinamo. 

Dalam kondisi ini, Dinamo bakal lolos karena unggul produktivitas gol di kandang lawan. Menyadari gawatnya situasi, di menit ke-80 pelatih Austria Nenad Bjelica memasukkan striker Roman Kienast. Perjudian yang terbukti sangat jitu. Hanya berselang kurang dari dua menit, Kienast sanggup menjebol gawang Dinamo meneruskan umpan dari Phillip Hosiner. Skor 2-3 bertahan sampai bubaran. Austria Vienna pun lolos.

Sementara itu dalam pertandingan lainnya yang berlangsung di Warsawa, Steaua Bucuresti mampu memaksakan hasil imbang 2-2 dengan tuan rumah Legia Warsawa. Menyusul hasil imbang 1-1 di leg pertama, agregat sama kuat 3-3. Namun, Steaua berhak melaju dengan keunggulan gol di kandang lawan. Sedangkan FC Basel tanpa kesulitan menang 2-0 saat menjamu Ludogorets Razgrad. Basel lolos dengan agregat 6-2.

0 comments:

Post a Comment