Monday, October 21, 2013

Marquez Jelaskan Soal Diskualifikasi di Phillip Island

MotoGP
SportPoin, Victoria: Masalah ban yang cepat aus menjadi penghambat bagi Marc Marquez mempercepat gelar juara dunia, Minggu (20/10/2013) di Sirkuit Philip Island. Bahkan karena masalah ini, Marquez harus rela didiskualifikasi dan tak meraih poin sama sekali.

Itu terjadi setelah Marquez tak mematuhi peraturan masuk pitstop satu kali sebelum lap ke-10 untuk ganti motor seperti yang ditetapkan otoritas Moto GP Australia. Marquez malah masuk pitstop pada lap ke-11. Dia pun harus menerima konsekuensi dicoret dari balapan sehingga tak mendapatkan poin satu pun.

Dani Pedrosa, rekannya di Repsol Honda masuk pitstop pada lap sembilan. Sedangkan Jorge Lorenzo di lap 10. Pihak Repsol Honda mengaku bersalah karena tak memberikan peringatan kepada Marquez.

"Tim sudah membuat kesalahan. Kami sebenarnya yakin Marquez akan masuk pitstop sebelum lap 10 selesai, sepertinya kotak instruksi di pit sedikit telat," bunyi pernyataan Honda seperti dikutip crash.net.

Marquez sendiri sempat tak sadar soal peraturan `black flag`. Dia bahkan tetap pede masuk kembali ke trek dan bahkan berkejaran dengan Lorenzo di tikungan satu. "Kami melakukan kesalahan. Saya pikir bisa berhenti sebelum masuk lap ke-11. Saya hanya ikuti apa yang menjadi instruksi tim, tapi ternyata sudah telat," terang Marquez.

"Ini kesalahan seluruh tim, bukan kesalahan satu orang. Saya sempat tak mengerti ketika `black flag` untuk saya datang, saya sempat berpikir apakah saya sudah melewati garis putih. Sanksi buat saya sangat berat, mungkin ada sanksi yang lain, mungkin dihukum ride thrugh penalty atau dikurang beberapa detik, tapi inilah sanksi," tambahnya. 

Gara-gara sanksi ini jarak antara Marquez dengan Lorenzo dari semula 43 berkurang menjadi 18. Peluang juara pun menjadi terbuka lagi untuk dua balapan di depan yaitu di Jepang dan Valencia.

0 comments:

Post a Comment