Sunday, October 27, 2013

Tekuk Schalke, Dortmund Tempel Muenchen

Bundesliga
SportPoin, Gelsenkirchen: Borusia Dortmund akhirnya berhasil memenangkan derby Ruhr usai mengalahkan tuan rumah Schalke 3-1 di Veltins Arena, Sabtu (26/10/13) malam WIB. Setelah unggul 1-0 di babak pertama lewat Aubameyang, Dortmund memperbesar kemenangan lewat gol Nuri Sahin dan Jakub Blaszcykowski.

Sayang, kemenangna ini belum bisa mengangkat mereka ke puncak klasemen. Ini karena di saat bersamaan, Muenchen berhasil mengatasi perlawanan Hertha Berlin lewat kemenangan 3-2.

Sejak kick off, Schalke sebenarnya mencoba untuk mengambil inisiatif penyerangan. Di menit ke-6, gelandang Kevin- Prince Boateng mencoba untuk melepaskan tembakan tapi tendangannya masih diblok.

Dua menit kemudian, giliran Adam Szalai yang tak mampu memaksimalkan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Tembakannya masih melambung. Menjelang 10 menit pertandingan berjalan, Dortmund mulai mengancam.

Marco Reus contohnya tak bisa memaksimalkan tembakan kaki kiri dari jarak jauh. Tapi, serangan Dortmund berbuah manis lima menit kemudian.Berawal dari umpan Reus, Aubameyang langsung menyambutnya dengan tendangan kaki kanan. Tembakan ke arah tengah gawang itu tak bisa ditepis Timo Hildebrand.

Setelah gol tersebut, Dortmund makin intensif melakukan penyerangan. Hingga akhirnya bek Neven Subotic melakukan kesalahan di menit ke-29. Dia menjatuhkan Boateng di kotak penalti sehingga berbuah penalti.

Untunglah tendangan penalti Boateng bisa dibaca dengan baik oleh kiper Roman Weidenfeller. Itu menjadi peluang emas terbesar Schalke untuk menyamakan skor, tapi tak berhasil. 

Di babak kedua, Dortmund kembali mendebrak pertahanan Schalke. Baru 6 menit pertandingan berjalan, Dortmund berhasil mencetak gol lewat Nuri Sahin. Gol tercipta hasil umpan Henrikh Mkhitaryan.

Usai gol tersebut, serangan Dortmund tak mengendur. Schalke sendiri mencoba untuk mengubah peruntungan di menit ke-57. Sayang umpan terobosan Adam Szalai kepada Atsuto Uchida tak berhasil karena tertangkap offside.

Schalke memperkecil ketertinggalan usai M Meyer mencetak gol di menit ke-62. Tapi skor 2-1 tak bertahan karena Dortmund memperbesar skor lewat gol Robert Lewandowski. Gol terjadi berkat skema serangan balik yang diotaki Mkhitaryan di menit ke-74.

Susunan Pemain
Schalke
Hildebrand;Uchida,Howedes,Matip,Kolasinac/Jones (76);Neustadter,Aogo;Draxler,Boateng/Clemens (82),Fuchs/ Meyer (61);Szalai

Dortmund
Weidenfeller;Grosskreutz,Subotic,Hummels,Schmelzer/Durm (46);Bender,Sahin;Aubameyang/Blaszczykowski (71),Mkhitaryan,Reus/Hoffman (89);Lewandowski

0 comments:

Post a Comment