Monday, November 11, 2013

Kucing Hitam Terkam Manchester City

Liga Premier
SportPoin,  Sunderland: Kejutan kembali terjadi di pekan ke-11 kompetisi Liga Inggris, Minggu, 10 November 2013. Setelah Tottenham Hotspur yang bermain di kandang sendiri tumbang di tangan tamunya Newcastle United, kini giliran Manchester City yang menelan kekalahan 0-1 langsung saat mengunjungi Stadium of Light, markasnya Sunderland. Gol tunggal kemenangan The Black Cats dicetak bek kiri Phil Bardsley di menit ke-21. 

Kemenangan kali kedua ini merupakan dorongan moril yang luar biasa bagi Sunderland yang masih tetap tertahan di zona degradasi, peringkat ke-19 dengan jumlah 7 poin. Sebaliknya, kekalahan untuk keempat kalinya ini membuat The Citizens gagal mendekatkan diri dengan zona empat besar dan harus puas bertengger di peringkat ketujuh dengan jumlah 19 angka dan terancam dilangkahi rival sekota Manchester United.

Menyikapi ketertinggalan 0-1 di babak pertama, di awal babak kedua Manuel Pellegrini memasukkan Jesus Navas guna mendongkrak serangan City dari sektor sayap. Keputusan yang jitu. Tak sampai satu menit, umpan silang Navas disambar Alvaro Negredo. Sayang, sundulannya masih melenceng.

Kehadiran Navas menjadi momok sektor kiri pertahanan Sunderland. Di menit ke-54, peluang emas Navas yang berdiri bebas di tengah kotak penalti masih dapat digagalkan Bardsley. Di tengah-tengah derasnya tekanan City, Sunderland masih mempunyai peluang ketika di menit ke-58 striker Korsel Ji Dong-Won melepaskan tembakan keras dari jarak 22 meter yang masih menyamping dari gawang Costel Pantilimon. 10 menit kemudian City membalas lewat sepakan keras Sergio Aguero yang masih dapat ditip kiper Vito Mannone.

Ketika laga tersisa 20 menit, Pellegrini berjudi dengan memainkan dua kartu trufnya yang terakhir: Edin Dzeko dan Pablo Zabaleta. Lagi, dalam waktu singkat kehadiran Dzeko berdampak positif bagi serangan City. Di menit ke-72, tendangan voli Dzeko dari luar kotak penalti dapat diblok Mannone. Bola rebound gagal dimanfaatkan Aguero dengan sempurna.

Sejak itu, City mulai frustasi melihat solidnya performa lini belakang Sunderland. Anak-anak asuhan Pellegrini berulang kali melakukan pelanggaran yang tak perlu terjadi. Di 10 menit terakhir, laga berjalan kian menegangkan. Aguero dkk habis-habisan menekan pertahanan Sunderland. Peluang terbaik didapat Alexander Kolarov di menit ke-82. Sayang, sepakan kaki kirinya hanya menghantam jaring luar gawang Mannone. Skor 1-0 bertahan sampai peluit akhir dibunyikan wasit Mike Dean.

Susunan Pemain:
Sunderland: Mannone, Celustka, Bardsley, Brown, O'Shea, Ki, Larsson, Colback, Johnson (Borini), Giaccherini (Gardner), Fletcher (Altidore).

City: Pantilimon, Richards (Zabaleta), Demichelis, Lescott, Kolarov, Milner, Toure, Garcia (KK, Navas)), Nasri, Aguero, Negredo (Dzeko).
Wasit: Mike Dean

0 comments:

Post a Comment