Tuesday, January 31, 2012

Sepang Sebagai Salah Satu Sirkuit Teraman

Sepang: Perusahaan yang memegang hak komersial MotoGP, Dorna Sports, membela keselamatan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Kematian tragis pembalap Marco Simoncelli di GP Malaysia pada Oktober tahun lalu mengejutkan dan menyoroti keamanan di Sepang yang merupakan trek rumit karena panasnya suhu, kelembaban, dan seringnya terjadi hujan.

Direktur Pelaksana Dorna Javier Alonso mengatakan kematian Simoncelli murni kecelakaan dan tak sepantasnya sirkuit Sepang disalahkan. Terlebih, saat tabrakan, sirkuit dalam kondisi kering. "Untuk urusan keselamatan, Sepang adalah trek yang aman. Sayangnya kami mendapat kecelakaan fatal tahun lalu. Kami sungguh-sungguh menyesal akan hal ini," katanya.


Hal itu diungkapkan saat beberapa pebalap papan atas melakukan tes terhadap sepeda motor barunya yang memiliki kubikasi 1000 cc di Sirkuit Sepang, Selasa (31/1). Sesi tes pra musim memberikan kesempatan bagi pembalap untuk beradaptasi dengan motor-motor yang pada tahun ini memakai 1000cc. Pada tahun lalu, mereka berlomba dengan motor-motor 800cc.

Tes diikuti pembalap papan atas termasuk Jorge Lorenzo yang memperkuat Yamaha dan juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi mengendari motor Ducatinya. Juara bertahan, Casey Stoner tidak dapat mengikuti tes karena masih menderita sakit punggung. Jalannya tes yang seharusnya dilakukan pada pagi, ditunda karena hujan membasahi seluruh area sirkuit.

Lorenzo, yang absen pada tiga balap terakhir di musim 2011 karena cedera, berupaya mencetak waktu tercepat sejak awal tes. Tes ini akan berlangsung sampai Kamis nanti dan akan diikuti dengan sesi tes kedua sepanjang tiga hari, yang akan dimulai pada 28 Februari mendatang. Musim balap MotoGP 2012 akan dimulai pada 8 April di Qatar.

0 comments:

Post a Comment