Wednesday, September 18, 2013

Ini Dia Juara Liga Champions Menurut Simulasi Komputer

Liga Champions
SportPoin, London: Liga Champions akan memulai babak penyisihan grup, dimana pertandingan-pertandingan besar akan berlangsung, yang mempertemukan tim papan atas seantero Eropa. Kekuatan dari seluruh penjuru Eropa akan adu kuat agar bisa mendapat gelar 'Raja Eropa'.


Kekuatan tim-tim yang akan berlaga di Liga Champions musim ini pun ditakar. Analisis pun banyak dilakukan untuk memperkirakan klub mana yang akan jadi juara. Seperti yang dilakukan BSPort, yang merupakan bagian dari kantor media Bloomberg.

Dengan menggunakan simulasi komputer, BSport mencoba mencari klub yang berpeluang besar untuk mengangkat trofi di akhir turnamen sepakbola paling besar di Eropa ini. Menggunakan tekni matematika dan olah data menggunakan algoritma, simulasi ini berhasil mendapatkan klub yang menjadi juara Liga Champions.

Analisis ini dijalankan dengan mensimulasikan pertandingan sebanyak 10 ribu kali agar bisa memunculkan probabilitas atau kemungkinan klub mana yang akan menjadi juara. Simulasi itu dilakukan sejak pertandingan babak 16 besar hingga babak final.

Hasil analisis pun didapat, dan memunculkan Barcelona di puncak kemungkinan klub yang menjadi juara dengan persentase kemungkinan sebesar 21,30 persen. Sementara di bawah Barcelona ada klub yang menjadi juara Liga Champions musim lalu, Bayern Muenchen dengan 18,90 persen.

Kandidat ketiga yang berpeluang menjadi juara adalah Real Madrid dengan persentase 16,70 persen. Disusul Chelsea dengan 8,90 persen. Sedangkan dua klub Inggris lainnya, yakni duo Manchester, Manchester City dan Manchester United berada di posisi keempat dan kelima dengan 7,20 persen dan 6,40 persen.

0 comments:

Post a Comment