Monday, September 2, 2013

Menegangkan, Lorenzo Akhiri Dominasi Marquez

MotoGP Indianapolis
SportPoin, Silverstone: Jorge Lorenzo akhirnya bisa mengobati kekecewaannya setelah di dua seri balap sebelumnya selalu kalah dari duo pembalap Honda, yakni Marc Marquez dan Daniel Pedrosa. Saat balapan di MotoGP Indianapolis pada dua pekan lalu, Lorenzo yang berada di posisi terdepan sejak awal lomba akhirnya harus puas finis di belakang Pedrosa serta Marquez.


Situasi kembali terulang di MotoGP Rebuplik Ceko di Sirkuit Brno, pekan lalu. Mengawali lomba dari posisi kelima, Lorenzo langsung melesat dan memimpin balapan. Akan tetapi, setelah 15 lap, pembalap Yamaha Factory Racing itu disalip Marquez dan tak lama berselang giliran Pedrosa yang menysusulnya.

Namun, hal itu tak terjadi pada MotoGP Inggris di Sirkuit Silvertone, Ahad (1//9/13) malam WIB. Lorenzo mengasapi dua pembalap Repsol Honda Team itu. Meski demikian, Lorenzo meraihnya tidak dengan mudah. Setidaknya, ia empat kali terlibat saling susul menyusul dengan Marquez untuk memastikan diri finis yang pertama.

Start dari posisi dua, Lorenzo langsung tancap gas untuk mengambil alih pimpinan Lomba dari Marquez yang memulai balapan di posisi pertama. Dua pembalap ini langsung terlibat persaingan. Jarak Lorenzo dan Marquez bahkan sempat terpaut dua detik dengan Pedrosa, Valentino Rossi, dan Stefan Bradl yang berada di kelompok kedua. Namun, perlahan tapi pasti, Pedrosa mampu memperpendek jarak dengan Marquez dan Lorenzo.

Pedrosa dan Marquez terus membuntuti Lorenzo. Hingga di lap ke-18 atau tiga lap terakhir, Marquez mampu menyalip Lorenzo di sebuah tikungan. Akan tetapi, Lorenzo bisa kembali membalap Marquez untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Marquez terus memberi tekanan kepada juara dunia MotoGP 2012 itu. Memasuki tiga tikungan terakhir di lap penentu, Marquez kembali bisa menyalip Lorenzo. Dalam situasi genting, Lorenzo merebut kembali posisinya di tikungan kedua terakhir. Ia pun finis pertama dengan waktu 40 menit 52.515 detik. Sementara Marquez terpaut 00.081 detik di belakang yang diikuti Pedrosa yang terpaut 00.081 detik. Sementara Rossi kembali harus puas finis di peringkat keempat.

Kemenangan ini merupakan yang keempat untuk Lorenzo di musim ini. Lorenzo masih tetap di peringkat ketiga klasemen sementara dengan poin 194. Sementara Marquez tetap di puncak klasemen dengan 233 dan disusul Pedrosa yang terpaut 30 poin.

0 comments:

Post a Comment