Thursday, October 3, 2013

Bayern Beri Pelajaran pada City

Liga Champions
SportPoin, Manchester: Juara bertahan Bayern Muenchen memberikan pelajaran berharga pada Manchester City. Dalam matchday kedua babak penyisihan Grup D Liga Champions yang berlangsung di Etihad Stadium, Manchester, Rabu, 2 Oktober 2013 malam waktu setempat atau Kamis (3/10/13) dinihari WIB, dengan meyakinkan Bayern unggul 3-1 (1-0).


Dengan kemenangan untuk kedua kalinya ini—sebelumnya mencukur CSKA Moscow 3-0—Bayern memantapkan posisinya di puncak klasemen grup dengan jumlah enam (6) poin atau unggul bersih tiga angka dari City dan CSKA. Melihat tren dan materi tim, meskipun masih menyisakan empat partai, hampir dipastikan Bayern meraih posisi dua terbaik grup.

Setelah tertinggal 0-1 di 45 menit pertama, City mencoba bangkit di awal babak kedua. Namun, persis seperti halnya menit-menit awal di babak pertama, di saat City mulai menyerang, justru Bayern yang berhasil menjebol gawang. Tak tanggung-tanggung, dalam rentang empat menit. Pertama, di menit ke-56. Berawal dari umpan jauh yang disodorkan Dante ke jantung pertahanan City. Lolos dari jebakan off-side, Thomas Muller lepas dari kawalan Gael Clichy. Dengan cerdik Muller mengelabui kiper Joe Hart. Skor 2-0 untuk Bayern.

Di saat City masih kaget, empat menit kemudian, Bayern memperbesar keunggulannya menjadi 3-0 melalui gol indah Arjen Robben. Gol ini bermula dari keberhasilan Toni Kroos memenangi duel dengan Fernandinho di lini tengah. Bola kemudian diumpankan pada Robben. Lewat skill dan akselerasinya yang luar biasa, Robben melewati Matija Nastasic sebelum melepaskan tendangan keras ke tiang dekat gawang City. Bola sejatinya dapat ditepis kiper Joe Hart. Namun, setelah mengenai tiang, bola tetap meluncur ke dalam gawang. Skor 3-0. 

Manuel Pellegrini yang sebelumnya telah memasukkan Alvaro Negredo, langsung bereaksi dengan memainkan David Silva dan James Milner. City mulai menekan menyusul mulai kendurnya serangan tim tamu. Di menit ke-76, kedua tim sama-sama berpeluang mencetak gol. Setelah tendangan Muller hanya membentur tiang, beberapa detik kemudian sepakan keras Milner dari jarak 18 meter masih dapat ditip oleh kiper Manuel Neuer.

City mulai menemukan kepercayaan diri. Tiga menit kemudian kebuntuan City pecah. Adalah Negredo yang berhasil memperkecil ketinggalan City menjadi 1-3 melalui gol indahnya. Menerima umpan mendatar dari Silva, Negredo melepaskan tembakan melengkung lewat kaki kirinya. Bola menghujam tiang masuk dalam gawang tanpa dapat digagalkan kiper Neuer. 

Gol ini kian meningkatkan spirit bertanding anak-anak asuhan Manuel Pellegrini. Apalagi di menit ke-86, bek tengah Bayern Jerome Boateng diusir keluar lapangan karena mengganjal Yaya Toure.

Sayang, tendangan bebas Silva yang membuat mati kutu kiper Neuer hanya membentur mistar gawang. City terus menggempur. Namun, peluang lewat sundulan Negredo meneruskan umpan silang Milner masih tipis melenceng di sisi kanan gawang Bayern. Skor 3-1 untuk tim tamu tetap bertahan sampai pertandingan usai.

Susunan Pemain:
Man City: Hart, Richards, Kompany, Nastasic, Clichy, Toure, Fernandinho, Navas, Nasri (KK, Milner, KK), Aguero (KK, Silva), Dzeko (Negredo).

Muenchen: Neuer, Rafinha, Dante, Boateng (KM), Alaba, Ribery (Gotze), Lahm, Schweinsteiger (Kirchhoff), Kroos (KK), Robben (Shaqiri), Muller.

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

0 comments:

Post a Comment