Saturday, November 16, 2013

Prancis Tak Berdaya Hadapi Ukraina

Piala Dunia 2014
SportPoin, Kiev: Ukraina berhasil bungkam Prancis 2-0 di leg pertama babak play off Piala Dunia 2014 di Olympic Stadium, Kiev, Sabtu (16/11) dinihari WIB. Dua gol Ukraina dibuat Roman Zozulya menit 61 dan Andriy Yarmolenko menit 83 melalui tendangan penalti. Dengan demikian, Prancis harus menang 3-0 tanpa kebobolan jika mereka menatap peluang lolos ke Piala Dunia 2014 ketika keduanya kembali bertemu di Saint-Denis.

Prancis sejak awal babak pertama Prancis langung mengambil inisiatif penyerang agar bisa mencuri gol di laga ini, demi keuntungan gol tandang. Peluang pertama Prancis didapat di menit ke-6. Pogba memberi bola kepada Remy, yang lantas bergerak untuk melepas umpan silang. Si kulit bulat melaju ke arah Giroud dan ditanduknya. Namun Pyatov mampu menggagalkan usaha pertama tim Ayam Jantan.

Hingga pertengahan babak pertama, Prancis masih kesulitan menjebol gawang lawan. Pertahanan yang baik menjadi pengganggu dari upaya kombinasi Prancis yang dibangun oleh Ribery-Nasri-Giroud.

Menit 29 Ukraina hampir membuka keunggulan, hanya saja tandukan Edmar, setelah menyambut crossing dari Rotan, melebar di sisi gawang Lloris. 

Ukrania semakin terlihat dominan di paruh pertama ini. Yarmolenko mendribble bola melewati Nasri sebelum mengirim umpan silang untuk Konoplyanka. Usaha nama terakhir namun masih belum mengubah kedudukan.

Tuan rumah Ukraina tampil lebih baik dibanding Prancis di babak pertama. Beberapa peluang berhasil Ukraina ciptakan, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka belum bisa memecahkan kebuntuan.
Babak pertama berakhir sama kuat 0-0.

Dibabak kedua, Prancis kembali kesulitan menembus daerah pertahanan Ukraina. Upaya Ribery dan Giroud mudah digagalkan pemain belakang Ukraina.

Tuan rumah mulai bangkit di pertengahan babak kedua. Serangan yang tiada henti akhirnya Ukraina berhasil memecah kebuntuan. Zozulya mampu menaklukkan Koscielny sebelum memasukkan bola ke gawang Lloris yang sudah tak berdaya. 1-0 tuan rumah di atas angin. 

Ketinggalan 0-1 Prancis terlihat panik. Kesalahan pemain belakang Prancis berbuntut penalti. Yarmolenko menjalankan tugasnya dengan sempurna. Lloris sempat membacanya dengan baik, tapi arah bola terlalu kencang, dan masuk! Penderitaan Prancis bertambah setelah di waktu tambahan Koscielny diusir wasit setelah melakukan pelanggaran pada Kucher. 

Susunan pemain:
Ukraina : Yatov - Fedetskyi, Khacheridi, Rakitskyi, Shevchuk - Tymoschuk, Rotan - Yarmolenko, Edmar, Konoplyanka - Zozulya.

Prancis : Debuchy, Koscielny, Abidal, Evra - Matuidi, Pogba - Remy, Nasri, Ribery - Giroud.

0 comments:

Post a Comment