Saturday, August 31, 2013

Dramatis, Muenchen Juara Piala Super Eropa

Piala Super Eropa
SportPoin, Praha: Muenchen akhirnya keluar sebagai juara Piala Super Eropa secara dramatis. Klub asal Bavaria itu berhasil menang 7-6 (2-2) atas Chelsea lewat adu penalti. Muenchen berhasil mengeksekusi semua tendangan.Alaba, Kroos, Lahm, Ribery dan Shaqiri sukses mengeksekusi penalti.

Sedangkan Chelsea gagal satu penalti ketika tembakan Romelu Lukaku berhasil distop Manuel Neuer. Sebelumnya, Luiz, Oscar, Lampard dan Cole berhasil mengeksekusi penalti. Ini menjadi gelar pertama Piala Super Eropa bagi Muenchen. Sedangkan Chelsea dua kali beruntun gagal di Piala Super Eropa. Musim lalu, Chelsea takluk 1-4 atas Atletico Madrid.

Laga Muenchen vs Chelsea harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Ini setelah kedua tim bermain 2-2 di babak perpanjangan waktu 2x15 menit atau Extra Time. Sebelumnya, Laga yang berlangsung di Eden Arena Praha, Sabtu (31/8/13) ini berakhir 1-1 sampai waktu normal 90 menit berakhir.

Frank Ribery membuat Muenchen imbang 1-1 lewat golnya di menit ke-47. Sedangkan Chelsea unggul terlebih dahulu di menit ke-7 lewat sepakan Fernando Torres. Eden Hazard membawa Chelsea unggul 2-1 lewat golnya di menit ke-93. Sayang, di menit akhir perpanjangan waktu, menit ke-120, Muenchen berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Javi Martinez.

Gol tercipta lewat skema tendangan bebas. Umpan Ribery dari tendangan bebas mengenai Dante dan bola mengarah ke Martinez. Tanpa Ragu, Martinez melepaskan tembakan yang tak bisa ditahan Cech. Pertandingan di extra time praktis dikuasai Muenchen. Chelsea terus dikurung dan pasukan Jose Mourinho berusaha tampil sedefensif mungkin setelah unggul 2-1.

Tercatat empat kali Peter Cech melakukan penyelamatan. Di menit ke-108, sundulan Mandzukic ditepis Cech setelah mendapatkan umpan Ribery. Dua menit kemudian, giliran sundulan Martinez ditepis.

Waktu NormalSejak kick off, Chelsea memang sudah tancap gas untuk bisa mencetak gol secepatnya.Kecepatann Eden Hazard dan umpan terukur Andrea Schuerrle menjadi senjata ampuh untuk menjinakkan Muenchen. Sebaliknya Muenchen yang lebih banyak menyerang dari kiri lewat Frank Ribery tampak tak maksimal. Serangan sering patah di tengah jalan meski beberapa peluang sempat tercipta.

Di menit ke-15 Ribery memberi umpan terobosan kepada Arjen Robben. Tapi David Luiz masih bisa menahan tembakan bintang asal Belanda tersebut. Chelsea lalu melakukan serangan balik cepat dan Torres kembali melepaskan tembakan. Tapi kali ini tembakannya masih keatas.

Bukti keampuhan kerjasama Schuerrle dan Torres kembali terjadi di menit ke-31. Setelah mendapatkan umpan, Torres berada di posisi bebas untuk menjebol gawang. Sayang tembakannya melambung sedikit diatas mistar.

Di menit ke-38 giliran koneksi Robben dan Mueller beraksi. Tapi sayang, tembakan Mueller masih bisa dibaca Gary Cahill. 

Di babak dua, saling jual beli serangan kembali terjadi. Di menit ke-54, Robben mendapatkan peluang. Tapi tembakannya masih melambung ke atas. Nyaris 15 menit babak kedua dikuasai oleh Muenchen yang ingin memperbaiki kesalahan di babak pertama.

Di menit ke-83, David Luiz nyaris mencetak gol. Tapi sundulan hasil umpan tendangan bebas Frank Lampard masih bisa ditepis Manuel Neuer. Itu peluang terbaik di babak kedua. Babak ini juga ditandai oleh dikartumerahnya Ramires setelah menekel Mario Goetze.

Susunan Pemain
Muenchen:
Neuer;Rafinha/Martinez (56),Boateng,Dante,Alba;Lahm;Robben/Shaqiri (95),Mueller/Goetze (71),Kroos,Ribery;Mandzukic

Chelsea:
Cech;Ivanovic,Cahill,Luiz,Cole;Ramires,Lampard;Schue3:37 AM 8/31/2013rle/Obi Mikel (87),Oscar,Hazard/Terry (113);Torres/Lukaku (97)

0 comments:

Post a Comment