Wednesday, October 9, 2013

Ahhaayy... Indonesia Libas Laos

AFC U-19
SportPoin, Jakarta: Tim nasional Indonesia U-19 kembali tampil gemilang. Skuat Indonesia muda mampu memaksimalkan laga perdana babak kualifikasi AFC U-19. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Selasa (8/10/2013), Indonesia mampu mengalahkan Laos dengan skor telak 4-0.

Sejak awal laga tim asuhan Indra Sjafrie sudah mendominasi permainan. Lewat serangan dari berbagai sisi, tim Garuda Muda mampu merepotkan barisan pertahanan Laos. Menit 6 Evan Dimas coba buat peluang. Namun tendangan kapten Indonesia itu hanya mengarah ke sebelah kanan gawang.

Serangan Indonesia terus berlanjut. Hasilnya, di menit 10 gol dapat diciptakan oleh Hadi Ning Syaifullah. Memanfaatkan tendangan bebas Evan Dimas, Syaifullah dapat menceploskan si kulit bundar lewat sundulannya. Kiper Laos, Bounpasuth Niphavong hanya terdiam melihat gawangnya kemasukan.

Setelah gawangnya kebobolan, Laos langsung coba menggempur lini belakang Indonesia. Namun mereka belum berhasil dan serangan balik seketika diperagakan oleh tim asuhan Indra Sjafrie. Menit 13 Maldini mendapat peluang. Tapi bola tendangannya hanya mengarah ke atas mistar gawang.

Menit 15 giliran Laos yang mendapat peluang. Armisay mampu menerobos lini pertahanan Indonesia dan ia melepaskan tembakan yang tak bisa dijangkau kiper Ravi Murdianto. Untungnya, bola mengenai tiang gawang. Kongmathilath kemudian coba mengambil bola liar namun usahanya tersebut mampu digagalkan oleh bek Indonesia.

Serangan balasan kembali dilancarkan kubu tuan rumah. Kali ini, serangan banyak dibangun lewat sisi sayap. Pergerakan Maldini dan Ilham Udin benar-benar membuat repot barisan pertahanan lawan. Namun hingga babak pertama usai, tak ada lagi gol tambahan.

Selepas jeda, Indonesia kembali mengambil alur permainan. Usaha mereka akhirnya berbuah gol di menit 51. Syaifullah lagi-lagi menjadi aktor utama dari lahirnya gol tersebut. Setelah menerima umpan Evan Dimas, Syaifullah dengan tenang mampu mengelabuhi penjagaan kiper lawan. Bola dilob dan mengarah tepat ke dalam gawang Laos.

Dua menit berselang, Laos mendapat kerugian. Pemain mereka, Phithack Kongmathilath diganjar kartu merah karena menginjak bokong Mahdi Fahri Albaar. Unggul jumlah pemain, Indonesia semakin leluasa membombardir pertahanan lawannya.

Maldini dan Ilham Udin banyak mendapatkan peluang. Menit 68 dan 69, Ilham Udin nyaris memperbesar keunggulan Tim Garuda Muda. Tapi kiper Laos masih bisa menggagalkan usaha Ilham Udin. Begitupun yang terjadi di menit 75. Umpan menyilang yang dilepaskan Maldini dapat disundul Ilham Udin. Namun bola yang mengarah ke pojok kanan gawang masih dapat diamankan.

Menit 79 kartu merah kembali dikeluarkan wasit. Kali ini giliran Xouxana Sihalath yang diusir dari lapangan. Ia dianggap melakukan tendangan bebas disaat wasit belum meniupkan peluit. Kartu merah ini diterima karena sebelumnya ia sudah lebih dulu diganjar kartu kuning.

Gol Indonesia akhirnya kembali bertambah di menit 84. Kali ini giliran Paulus Sitanggang yang menggetarkan jala tim lawan. Setelah menerima umpan dari Maldini, Paulus dengan tenangnya mengelabuhi penjagaan bek Laos sebelum melepaskan tembakan keras ke dalam gawang.

Tak berhenti sampai di situ. Evan Dimas mampu mengubah skor menjadi 4-0. Setelah lolos dari jebakan offside, Evan Dimas langsung menggiring bola dan akhirnya melepaskan tembakan ke sisi kanan gawang. Kiper Laos yang sudah sering jatuh bangun melakukan penyelamatan dibuat tak berdaya pada gol ini.

Hingga babak kedua berakhir, skor tidak berubah. Dengan kemenangannya ini, Indonesia bersama Korea Selatan yang juga menang 4-0 berada di puncak klasemen Grup G. Kedua negara tersebut untuk sementara sudah mengantungi perolehan tiga angka.

Susunan Pemain:
Indonesia: Ravi Murdianto; Putu Gede, Fachtu Rohman, Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama; Evan Dimas (KK), Muhammad Hargianto (Paulus Sitanggang), Zulfiandi; lham Udin, Maldini Pali, Muchlis Hadi Ning Syaifullah (Angga F Putra).

Laos: Bounpaseuth Niphavong; Chittakone Sithanong, Sonevilay Sihavong (Kitsana Seangdouangphachan), Bounthavy Sipasong (C), Xouxana Sihalath (KK, KM); Khampaseut, Phithack Kongmathilath (KM), Souksavanth Somsanith, Jo E Sandara (Sisawad Dalavong); Armisay Kettavong, Soukchinda Natphasouk (Anousay Noyvong).

0 comments:

Post a Comment