Sunday, October 6, 2013

Dominan, Dortmund Justru Tumbang

Bundesliga
SportPoin, Muenchengladbach: Akhirnya keperkasaan Borussia Dortmund tumbang di pekan kedelapan kompetisi Bundesliga musim 2013-2014. Bertandang ke Stadion im Borussia-Park, Sabtu, 5 Oktober 2013, siang waktu setempat, Dortmund yang tampil dengan 10 pemain di 10 menit terakhir harus mengakui keunggulan tuan rumah Borussia Muenchengladbach 0-2 (0-0). Padahal, sampai 80 menit pertandingan, Dortmund dominan menguasai jalannya pertandingan dan tak kurang melontarkan 20 kali tembakan ke arah gawang Die Fohlen, julukan Muenchengladbach.


Dengan kekalahan untuk kali pertama sepanjang musim ini, posisi Dortmund—mengumpulkan 19 poin—di puncak klasemen sementara Bundesliga terancam dikudeta dua pesaing kuatnya: Bayer Muenchen (19 poin) dan Bayer Leverkusen (18 poin). Dalam satu jam ke depan, kedua tim Muenchen dan Leverkusen bakal bertarung di BayArena.

Hasil ini tentunya sangat mengecewakan pelatih Dortmund, Jurgen Klopp. Betapa tidak. Sepanjang pertandingan, Marco Reus dkk mutlak menguasai jalannya permainan. Begitu banyak peluang yang didapatkan Dortmund melalui Reus, Robert Lewandowski, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Namun, usaha Dortmund selalu gagal membuahkan hasil menyusul gemilangnya penampilan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Sembilan menit jelang pertandingan usai, Dortmund mendapat malapetaka. Akselerasi Juan Arango diganjal bek Mats Hummels di kotak terlarang. Hummels diganjar kartu merah dan Gladbach mendapat hadiah penalti. Eksekusi Max Kruse mulus. Kiper Dortmund Roman Weidenfeller terkecoh. Skor 1-0. 

Dua menit kemudian, Dortmund nyaris menyamakan kedudukan ketika tendangan bebas Reus hanya membentur mistar gawang. Di menit ke-86, Gladbach menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat serangan balik yang mematikan. Berawal dari kerja sama yang cantik antara Kruse dan Arango, Raffael Araujo dengan dingin mengecoh Weidenfeller. Skor 2-0. 

Hasil pertandingan lainnya:
Mainz vs Hoffenheim 2-2
Schalke vs Augsburg 4-1
Stuttgart vs Werder Bremen 1-1
Wolfsburg vs Eintracht Braunschweig 0-2

0 comments:

Post a Comment