Wednesday, October 16, 2013

Meski Menang, Portugal Tetap Jalani Play-off

Piala Dunia
SportPoin, Coimbra: Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, Portugal terpaksa harus menjalani fase play-off kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014 Zona Eropa meskipun di partai pamungkas penyisihan Grup F yang berlangsung di Estadio Cidade de Coimbra, Selasa, 15 Oktober 2013, sukses menggulung Luksemburg 3-0 (2-0). Sebabnya, dalam waktu bersamaan, Rusia mampu meraih hasil imbang 1-1 (1-0) melawan tuan rumah Azerbaijan.


Dengan hasil ini, Rusia tetap menempati puncak klasemen grup dengan jumlah 22 poin atau meraih tiket otomatis menuju putaran final PD 2014 di Brasil. Sementara, Portugal yang hanya mampu mendulang 21 angka tampil sebagai runner-up grup dan muncul sebagai salah satu peringkat kedua terbaik yang berhak bertanding di fase play-off.

Tampil tanpa kapten Cristiano Ronaldo dan Pepe, Portugal kesulitan menjebol gawang Luksemburg menyusul terbuangnya sejumlah peluang emas yang didapatkan Nani, Helder Postiga, dan Fabio Coentrao. Kartu merah langsung yang diterima Aurelien Joachim yang melakukan tekel keras terhadap Almeida membuat Portugal kian leluasa menggempur pertahanan lawan.

Buktinya, di menit ke-30 atau dua menit setelah Joachim diusir keluar lapangan, Portugal unggul 1-0 melalui sontekan Silvestre Varela yang menerima umpan matang dari Joao Moutinho. Enam menit berlalu, Portugal menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan keras Nani yang mendapat passing akurat Moutinho.

Di babak kedua, Portugal lagi-lagi membuang sejumlah peluang emas untuk menambah keunggulan. Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-79 lewat sontekan striker pengganti Hugo Almeida yang menerima umpan flick header dr Postiga meneruskan umpan lambung Josue. Skor 3-0 bertahan sampai bubaran.

Sementara itu, Rusia unggul lebih dahulu di menit ke-16 lewat gol Roman Shirokov.Azerbaijan yang kehilangan Maksim Medvedev karena mendapat kartu merah di menit ke-73 akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol telat Vagif Dzavadov di menit ke-90. Hasil imbang 1-1 juga terjadi ketika Israel menjamu Irlandia Utara. Gol Eden Basat di menit ke-43 disamakan Steven Davis di menit ke-72.

0 comments:

Post a Comment