Wednesday, October 9, 2013

Play-off Zona Eropa, FIFA Tetap Pakai Format Unggulan

Piala Dunia (PD) 2014 Zona Eropa
SportPoin, Zurich: Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) selaku badan otoritas sepakbola tertinggi di dunia menegaskan bakal tetap menggunakan sistem unggulan di babak play-off atau putaran kedua kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014 Zona Eropa, seperti halnya yang dilakukan empat tahun lalu.

Seperti diketahui, Benua Biru mendapatkan jatah 13 tim yang berhak bertanding di putaran final PD 2014 yang akan digelar di Brasil, Juni-Juli mendatang. Dari 13 tim tersebut, sembilan di antaranya merupakan negara yang berhasil menjadi juara grup di babak penyisihan grup. Sementara, sisanya empat tim atau negara ditentukan dari hasil play-off antara delapan tim yang menempati peringkat runner-up grup terbaik.

Guna menentukan tim-tim mana saja yang akan saling berhadapan, FIFA membagi kedelapan negara itu dalam dua grup, yaitu negara unggulan dan non-unggulan. Sebagai acuan pembagian grup tersebut, FIFA menetapkan format unggulan berdasarkan ranking masing-masing negara yang terakhir. Rencananya, undian babak play-off zona Eropa akan digelar pada 21 Oktober mendatang.

“Delapan tim yang lolos (runner-up grup) akan dibagi ke dalam dua pot dimana empat tim yang menempati ranking yang lebih baik akan dimasukkan ke dalam pot pertama. Ranking akan didasarkan pada ranking FIFA per 17 Oktober 2013. Laga play-off tersebut akan dilangsungkan pada 15 dan 19 November 2013,” demikian pernyataan FIFA di laman resminya.

Melihat klasemen sementara, negara elite yang selama ini kerap lolos otomatis, Prancis terancam harus melalui fase play-off. Pun demikian pula halnya dengan Inggris jika gagal meraih poin penuh di dua laga berikutnya melawan Montenegro dan Polandia, 11 dan 15 Oktober 2013.

0 comments:

Post a Comment