Monday, October 28, 2013

Tekuk Torino, Napoli Gusur Juventus

Serie A 
SportPoin, Naples: Tanpa kesulitan berarti Napoli mengatasi perlawanan tamunya Torino 2-0 langsung dalam lanjutan kompetisi Serie A di pekan kesembilan yang berlangsung di Stadio San Paolo, Minggu, 27 Oktober 2013, siang waktu setempat. Kedua gol kemenangan Partenopei diborong Gonzalo Higuain dari titik putih penalti. Dengan hasil ini, Napoli sementara naik ke peringkat dua besar dengan jumlah 20 poin menggeser Juventus (19 angka) dan Inter Milan (18 angka).


Tampil tanpa tiga pemain intinya, Paolo Cannavaro yang terkena suspensi akibat kartu merah yang diterimanya di laga lawan AS Roma, Juan Camilo Zuniga dan Miguel Angel Britos yang baru naik meja operasi, Napoli terlalu kuat untuk diladeni pasukan Giampiero Ventura yang juga kehilangan banyak pemain intinya.

Namun, kemenangan Napoli untuk keenam kalinya ini ditandai dengan insiden kontroversial yang memicu terjadinya hadiah penalti di menit ke-14. Berawal dari akselerasi Dries Mertens di kotak terlarang. Usahanya mendapat kawalan ketat dari bek Nicola Bellomo. Mertens dengan cerdik menempelkan kakinya dan terjatuh. 

Wasit Andrea Di Marco menunjuk titik putih. Hadiah yang tak disia-siakan Higuain menyusul tendangan kerasnya ke pojok atas gawang yang tak mampu dijangkau kiper Daniele Padelli. Skor 1-0. Beberapa menit kemudian, memanfaatka umpan Mertens, tendangan keras Higuain masih dapat ditepis kiper Padelli. 

Kontroversi kembali terjadi di menit ke-32. Berawal dari tendangan penjuru yang menghasilkan kemelut di tengah kotak penalti Torino. Bola ditendang Federico Fernandez dan mengenai siku kapten Torino Karim Glik. Para pemain Napoli mengangkat tangan pertanda terjadinya hand-ball. Wasit Di Marco bergeming. Namun, beberapa detik kemudian, wasit menunjuk titik putih pertanda penalti menyusul sinyal bendera yang diangkat hakim garis. Kali ini, giliran para pemain Il Toro yang melancarkan protes. Wasit Di Marco kembali bergeming. Higuain untuk kali kedua sukses menunaikan tugasnya sebagai algojo.

Tak lama kemudian menyusul blunder yang dilakukan kiper Padeli, Napoli sepantasnya unggul 3-0. Berawal dari serangan balik, bola umpan jauh yang dilontarkan bek Napoli gagal dihalau kiper Padeli yang maju sampai beberapa meter di luar kotak penalti. Namun, tendangan lob Lorenzo Insigne masih dapat dihalau keluar oleh Danilo D’Ambrosio. Skor 2-0 untuk Napoli bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Torino memasukkan Migjen Basha dan Riccardo Meggiorini. Namun, serangan tim tamu tak kunjung mengancam gawang Pepe Reina. Baru di menit ke-78 mantan kiper Liverpool tersebut melakukan save dengan mentip tendangan Meggiorini. Napoli membalas lewat sepakan Jose Callejon yang baru masuk menggantikan Higuain. Lima menit jelang bubaran, Torino kehilangan Basha yang mendapat kartu merah langsung akibat ganjalannya terhadap striker pengganti Goran Pandev. Skor 2-0 bertahan sampai pertandingan usai.

Susunan Pemain:
Napoli: Reina; Maggio, Albiol, Fernandez, Armero; Inler, Dzemaili; Mertens (Pandev 75), Hamsik (Zapata 80), Insigne; Higuain (Callejon 67).

Torino: Padelli; Darmian, Glik, Moretti; D’Ambrosio (Maksimovic 62), Gazzi (Basha 46), Vives, Bellomo, Masiello; Cerci (Meggiorini 46), Barreto.
Wasit: Andrea De Marco

0 comments:

Post a Comment